Home » » Nadhom Aqidatul Awam

Nadhom Aqidatul Awam

Baca Juga


Aqidatul Awam adalah salah satu kitab yang membahas tentang tauhid karya ulama besar dan waliyullah Syeikh Sayyid Ahmad Al-Marzuqi Al-Maliki Al-Hasani. Bacaan Aqidatul Awam sendiri sangat populer dan hampir selalu diajarkan di berbagai madrasah atau pondok pesantren di seluruh dunia termasuk di Indonesia. kitab Aqidatul Awam sendiri liriknya secara umum menjelaskan tentang dasar ilmu tauhid dan akidah sehingga di berbagai sekolah Islam diajarkan sejak dini dan diwajibkan untuk menghafalnya.

Bahkan kini Nadhom Aqidatul Awam sudah mulai dilagukan sebagai qasidah dalam acara-acara shalawatan untuk memperkuat akidah umat Islam. jika berbicara mengenai makna dan syarah dari Aqidatul Awam, semuanya telah beliau rincikan dalam sebuah kitab syarah yang diberi nama "Tahshil Nail al-Maram Libayani Mandhumah ‘Aqidah al-‘Awam". Syair Aqidatul Awam ini sendiri diajarkan langsung oleh Rasulullah ﷺ kepada Syeikh Ahmad Al-Marzuqi Al-Maliki di dalam mimpinya.

Bermula dari mimpi Syeikh Ahmad Al-Marzuki  pada malam Jum'at pertama di bulan Rajab tahun 1258  yang bertemu dengan Rasulullah ﷺ dan para sahabatnya, dalam mimpi tersebut Rasulullah ﷺ berkata kepada Syeikh Ahmad Al-Marzuki, “Tulislah Nadhom Tauhid“  Barangsiapa yang menghafalnya dia akan masuk ke dalam surga dan mendapatkan segala macam kebaikan yang sesuai dengan Al-Qur'an dan Sunnah.” Syeikh Ahmad Al-Marzuki pun bingung dan bertanya kepada Rasulullah ﷺ ”Nadhom apa ya Rasulullah..??". Para sahabat menjawab, ”Dengarkan saja apa yang akan Rasulullah ﷺ ucapkan”. Nabi Muhammad ﷺ berkata, ”Ucapkan..

أبـْـدَأُ بِـاسْمِ اللهِ والـرَّحْـمَنِ 

Maka Syeikh Ahmad Al-Marzuki pun mengucapkan

أبـْـدَأُ بِـاسْمِ اللهِ والـرَّحْـمَنِ 

Sampai dengan akhir nadhom yaitu

وَصُحُـفُ الـخَـلِيلِ وَالكَلِيمْ 

فِيهَـا كَلامُ الْـحَـكَمِ الْعَلِيمْ 

Nabi Muhammad ﷺ pada saat itu mendengarkan bacaan Syeikh Ahmad Al-Marzuki, maka saat itupula Syeikh Ahmad Al-Marzuki terbangun dari tidurnya dan beliau baca apa apa yang terjadi dalam mimpinya, dan ternyata nadhom tersebut telah terekam rapi dari awal sampai akhir nadhom.

Nadhom tauhid yang telah diberikan Rasulullah kepada Syeikh Ahmad Al-Marzuki, beliau tuangkan dalam sebuah kitab yang diberi nama “Aqidatul Awam” (Aqidah untuk orang awam). Selang beberapa waktu lamanya Syeikh Ahmad Al-Marzuki bermimpi kembali bertemu dengan Rasulullah ﷺ, dan Rasulullah ﷺ berkata, ”Bacalah apa yang telah kau kumpulkan di hatimu (pikiranmu)”, lalu Syeikh Ahmad Al-Marzuki berdiri membacanya dari awal sampai akhir nadhom  dan para Sahabat Rasulullah di samping Nabi Muhammad ﷺ mengucapkan “Aamiin” pada setiap bait-bait nadhom ini dibacakan. Setelah selesai Syeikh Ahmad Al-Marzuki menyelesaikan bacaannya, Nabi Muhammad ﷺ berkata kepadanya dan mendo'akannnya: ”Semoga Allah memberimu taufiq kepada hal-hal yang menjadi ridho-Nya dan menerimanya itu darimu dan memberkahi kamu dan segenap orang mukmin dan menjadikannya berguna kepada hamba-hamba Allah Subhanahu wa Ta'ala aamiinn”.

Kitab Nadhom Aqidatul Awam semula hanya berisi 26 bait, namun karena rasa cinta dan rindunya Syeikh Ahmad Al-Marzuki kepada Nabi Muhammad ﷺ maka beliau menambahkan hingga mencapai 57 bait nadhom…

Syeikh Ahmad bin Muhammad bin Sayyid Ramadhan Mansyur bin Sayyid Muhammad Al-Marzuqi Al-Hasani dilahirkan sekitar tahun 1205 H di Mesir. Beliau sepanjang waktu bertugas mengajar Masjid Mekkah karena kepandaian dan kecerdasannya Syeikh Ahmad Al-Marzuki diangkat menjadi Mufti Madzhab Al-Maliki di Mekkah menggantikan Sayyid Muhammad yang wafat sekitar tahun 1261, Syeikh Ahmad Al-Marzuki juga terkenal sebagai seorang pujangga dan dijuluki dengan panggilan Abu Al-Fuzi.


عَقِيْدَةِ الْعَوَامِ نَظْمُ الشَّيْخِ أَحْمَدَ الْمَرْزُوْقِيِّ اْلمَالِكِيِّ

أَبْـدَأُ بِـاسْمِ اللهِ وَالرَّحْـمَنِ * وَبِالرَّحِـيْـمِ دَائـِمِ اْلإِحْـسَانِ
Abdau bismillahi wa rohmani - wa birohimi daimil ihsani 

فَالْحَـمْـدُ ِللهِ الْـقَدِيْمِ اْلأَوَّلِ * اَلآخِـرِ الْبَـاقـِيْ بِلاَ تَحَـوُّلِ
Falhamdulillahil qodimil awali - al akhiril baqi bila tahawuli

ثُمَّ الـصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ سَـرْمَدَا * عَلَى الـنَّـبِيِّ خَيْرِ مَنْ قَدْ وَحَّدَا
Tsuma sholatu wassalamu sarmada - ‘ala nabiyi khoiri man qod wahada 

وَآلِهِ وَصَـحْبِهِ وَمَـنْ تَـبِـعْ * سَـبِيْلَ دِيْنِ الْحَقِّ غَيْرَ مُـبْـتَدِعْ
Wa alihi washohbihi waman tabi’ - sabiladinil haqi ghoiro mubtadi 

وَبَعْدُ فَاعْلَمْ بِوُجُوْبِ الْمَعْرِفَـهْ * مِنْ وَاجِـبٍ ِللهِ عِشْـرِيْنَ صِفَهْ
Waba’du fa’lam bi wujubil ma’rifah - min wajibi lillahi ‘isrina shifah 

فَاللهُ مَوْجُـوْدٌ قَـدِيْمٌ بَاقِـي * مُخَالـِفٌ لِلْـخَـلْقِ بِاْلإِطْلاَقِ
Fallohu maujudun qodimun baqi - mukholiful lilkholqi bil itlaqi 

وَقَـائِمٌ غَـنِيْ وَوَاحِـدٌ وَحَيّ * قَـادِرْ مُـرِيْـدٌ عَـالِمٌ بِكُلِّ شَيْ
Waqoimun ghoni wa wahidun wahay - qodir muridun ‘alimun biqulisyai 

سَـمِـيْعٌ اْلبَصِـيْرُ وَالْمُتَكَلِّـمُ * لَهُ صِـفَاتٌ سَـبْعَـةٌ تَـنْـتَظِمُ
Sami’unil bashiru wal mutakalimu - lahu shifatun sab’atun tantadhimu 

فَقُـدْرَةٌ إِرَادَةٌ سـَمْـعٌ بـَصَرْ * حَـيَـاةٌ الْعِلْـمُ كَلاَمٌ اسْـتَمَرْ
Faqud rotun irodatun sam’un bashor - hayatunil ‘ilmu kalamu nistamar 

وَجَائـِزٌ بِـفَـضْـلِهِ وَ عَدْلِهِ * تَـرْكٌ لـِكُلِّ مُمْـكِـنٍ كَفِعْلِهِ
Wajaizun bifadhlihi wa’adlihi - tarkullikuli mumkinin kafi’lihi 

أَرْسَـلَ أَنْبِيَا ذَوِي فَـطَـانَـهْ * بِالصِّـدْقِ وَالتَـبْلِـيْغِ وَاْلأَمَانَهْ
Arsala ambiya dawi fatonah - bishidqi wattablighi wal amanah 

وَجَـائِزٌ فِي حَـقِّهِمْ مِنْ عَرَضِ * بِغَيْـرِ نَقْصٍ كَخَـفِيْفِ الْمَرَضِ
Wajaizun fi haqihim min ‘arodhi - min ghoiri naqshin kakhofi fil marodhi 

عِصْـمَـتُهُمْ كَسَائِرِ الْمَلاَئِكَهْ * وَاجِـبَـةٌ وَفَاضَلُوا الْمَـلاَئِكَهْ
‘Ismatuhum kasairil malaikat - wajibatun wa fadholul malaikat 

وَالْمُسْـتَحِيْلُ ضِدُّ كُلِّ وَاجِبِ * فَاحْفَظْ لِخَمْسِـيْنَ بِحُكْمٍ وَاجِبِ
Wal mustahilu dhidu kulli wajibi - fahfadh likhomsina bihukmin wajibi 

تَفْصِيْلُ خَمْسَةٍ وَعِشْـرِيْنَ لَزِمْ * كُـلَّ مُـكَلَّـفٍ فَحَقِّقْ وَاغْـتَنِمْ
Tafshilu khomsatin wa ‘isrina lazim - kula mukalafin fahaqqiq waghtanim 

هُمْ آدَمٌ اِدْرِيْسُ نُوْحٌ هُـوْدُ مَعْ * صَالِـحْ وَإِبْرَاهِـيْـمُ كُلٌّ مُـتَّبَعْ
Hum adamun idrisun nuhun hudu ma’ - sholih wa ibrohimu kullu mutaba’ 

لُوْطٌ وَاِسْـمَاعِيْلُ اِسْحَاقُ كَذَا * يَعْقُوبُ يُوسُـفُ وَأَيُّوْبُ احْتَذَى
Luthun wa isma’ilu ishaqu kadza - ya’qubu yusufu wa ayubuhtadza 

شُعَيْبُ هَارُوْنُ وَمُوْسَى وَالْيَسَعْ * ذُو الْكِـفْلِ دَاوُدُ سُلَيْمَانُ اتَّـبَعْ
Syu’aibu haruna wamusa wal yasa’ - dzulkifli dawudu sulaimanuttaba’ 

إلْيَـاسُ يُوْنُسْ زَكَرِيـَّا يَحْيَى * عِيْسَـى وَطَـهَ خَاتِمٌ دَعْ غَـيَّا
Ilyasu yunusu zakariya yahya - ‘isa wa thoha khotimun da’ ghoya 

عَلَـيْهِمُ الصَّـلاَةُ وَالسَّـلاَمُ * وَآلِـهِمْ مـَا دَامَـتِ اْلأَيـَّـامُ
‘Alaihimu sholatu wasalamu - wa alihi madamatil ayamu 

وَالْمَـلَكُ الَّـذِيْ بِلاَ أَبٍ وَأُمْ * لاَ أَكْلَ لاَ شُـرْبَ وَلاَ نَوْمَ لَـهُمْ
Wal malakuladzi bila abi wa um - la aklala syurba wala mauma lahum 

تَفْـصِـيْلُ عَشْرٍ مِنْهُمُ جِبْرِيْلُ * مِـيْـكَـالُ اِسْـرَافِيْلُ عِزْرَائِيْلُ
Tafshilu ‘asyrimmihumu jibrilu - mikalu isrofilu ‘izroilu 

مُنْـكَرْ نَكِـيْرٌ وَرَقِيْبٌ وَكَذَا * عَتِـيْدٌ مَالِكٌ ورِضْوَانُ احْتَـذَى
Munkar nakirun wa roqibun wakadza - ‘atidun malikun waridhwanuhtada 

أَرْبَـعَـةٌ مِنْ كُتُبٍ تَـفْصِيْلُهَا * تَوْارَةُ مُوْسَى بِالْهُدَى تَـنْـزِيْلُهَا
Arba’atun min kutubin tafsiluha - taurotu musa bil huda tanziluha 

زَبُـوْرُ دَاوُدَ وَاِنْجِـيْـلُ عَلَى * عِيْـسَى وَفُـرْقَانُ عَلَى خَيْرِ الْمَلاَ
Zaburu dawuda wa injilu ‘ala - ‘isma wafurqonu khoiril mala 

وَصُحُـفُ الْخَـلِيْلِ وَالْكَلِيْمِ * فِيْهَـا كَلاَمُ الْـحَـكَمِ الْعَلِـيْمِ
Wa shuhuful kholili wal kalami - fiha kalamul hakamil ‘alimi 

وَكُـلُّ مَا أَتَى بِهِ الـرَّسُـوْلُ * فَحَـقُّـهُ التَّسْـلِـيْمُ وَالْقَبُوْلُ
Wakuluma ata bihi rosulu - fahaqquhu taslimu wal qobulu 

إِيْـمَـانُنَا بِـيَوْمِ آخِرٍ وَجَبْ * وَكُلِّ مَـا كَانَ بِـهِ مِنَ الْعَجَبْ
Imanuna biyaumi akhhirin wajab - wakuli ma kana bihi minal ‘ajab 

خَاتِمَةٌ فِي ذِكْرِ بَاقِي الْوَاجِبِ * مِمَّـا عَـلَى مُكَلَّفٍ مِنْ وَاجِبِ
Khotimatun fi dzikri baqil wajibi - mima ‘ala mukalafin min wajibi 

نَبِـيُّـنَا مُحَمَّدٌ قَدْ أُرْسِــلاَ * لِلْـعَالَمِـيْـنَ رَحْـمَةً وَفُضِّلاَ
Nabiyuna muhammadun qod ursila - lil ‘alamina rohmatan wa fudhila 

أَبـُوْهُ عَبْدُ اللهِ عَبْدُ الْمُطَّلِـبْ * وَهَاشِـمٌ عَبْدُ مَنَافٍ يَنْتَسِـبْ
Abuhu ‘abdullohi ‘abdul mutholib - wa hasyimun ‘abdu manafin yantasib 

وَأُمُّـهُ آمِـنَةُ الـزُّهْــرِيـَّهْ * أَرْضَـعَتْهُ حَلِيْمَـةُ السَّـعْدِيـَّهْ
Wa ummuhu aminatu zuhriyyah - ardho’athu halimatu sa’diyyah 

مَوْلـِدُهُ بِمَـكَّـةَ اْلأَمِيْــنَهْ * وَفَاتُـهُ بِـطَـيْـبَةَ الْـمَدِيْنَهْ
Mauliduhu bimakatal aminah - wafatuhu bithoibatal madinah 

أَتَـمَّ قَـبْـلَ الْـوَحْيِ أَرْبَعِيْنَا * وَعُـمْـرُهُ قَدْ جَاوَزَ السِّـتِّيْنَا
Atama qoblal wahyi arba’ina - wa ‘umruhu qodjawaza sitinah 

وَسَـبْـعَةٌ أَوْلاَدُهُ فَمِـنْـهُمُ * ثَلاثَـةٌ مِـنَ الذُّكـُوْرِ تُـفْهَمُ
Wa sab’atun auladuhu faminhumu - tsalatsatun mina dzukuri tufhamu 

قَاسِـمْ وَعَبْدُ اللهِ وَهْوَ الطَّيِّبُ * وَطَاهِـرٌ بِذَيْـنِ ذَا يُـلَـقَّبُ
Qosim wa ‘abdullohi wahwa thoyibu - wathohirun bidzaini dza yulaqobu 

أَتَاهُ إبْرَاهِـيْـمُ مِنْ سُـرِّيـَّهْ * فَأُمُّـهُ مَارِيَّةُ الْـقِـبْـطِـيَّـهْ
Atahu ibrohimu min surriyah - fa ummuhu mariyatul qibtiyah 

وَغَيْـرُ إِبْرَاهِيْمَ مِنْ خَـدِيْجَهْ * هُمْ سِتَـةٌ فَخُـذْ بِهِمْ وَلِـيْجَهْ
Wa ghoiru ibrohima min khodzijah - hum sittatun fakhud bihim walijah 

وَأَرْبَعٌ مِـنَ اْلإِنَاثِ تُـذْكَـرُ * رِضْـوَانُ رَبِّي لِلْجَمِـيْعِ يُذْكَرُ
Wa arba’un minal inatsi tudzkaru - ridhwanu robbi liljami’I yudzkaru 

فَاطِـمَـةُ الزَّهْرَاءُ بَعْلُهَا عَلِيْ * وَابْنَاهُمَا السِّـبْطَانِ فَضْلُهُمُ جَلِيْ
Fatimatu zahroi ba’luha ‘ali - wabnahuma sibthoini fadhluhum jail 

فَزَيْـنَبٌ وَبَعْـدَهَـا رُقَـيَّهْ * وَأُمُّ كُـلْـثُـومٍ زَكَـتْ رَضِيَّهْ
Fa zainabun wa ba’daha riqoyah - wa ummu kultsumin zakat rodhiyyah 

عَنْ تِسْعِ نِسْوَةٍ وَفَاةُ الْمُصْطَفَى * خُيِّـرْنَ فَاخْتَرْنَ النَّـبِيَّ الْمُقْتَفَى
‘an tis’i niswatin wa faatul mushthofa - khuyyirna fakhtarna nabiyal mushthofa 

عَائِشَـةٌ وَحَفْصَـةٌ وَسَـوْدَةُ * صَـفِيَّـةٌ مَـيْـمُـوْنَةٌ وَ رَمْلَةُ
‘Aisatun wa hafshotun wa saudah - shofiyatun maimunatun wa romlah 

هِنْدٌ وَ زَيْـنَبٌ كَذَا جُوَيـْرِيَهْ * لِلْمُـؤْمِـنِيْنَ أُمَّـهَاتٌ مَرْضِـيَّهْ
Hindun wa zainabun kadza juwairiyah - lil mukminina ummahatun mardhiyyah 

حَمْـزَةُ عَمُّـهُ وعَـبَّاسٌ كَذَا * عَمَّـتُـهُ صَـفِيَّـةٌ ذَاتُ احْتِذَا
Hamzatun ‘ammahu wa ‘abbasu kadza - ‘ammatuhu shofiyyatun dzatuhtidza 

وَقَبْـلَ هِجْـرَةِ النَّـبِيِّ اْلإِسْرَا * مِـنْ مَـكَّةَ لَيْلاً لِقُدْسٍ يُدْرَى
Wa qobla hijroti nabiyyil isro - min makatin lailan liqudsin yudro 

وَبَعْدَ إِسْـرَاءٍ عُرُوْجٌ لِلسَّـمَا * حَتَّى رَأَى النَّـبِيُّ رَبًّـا كَـلَّمَا
Wa ba’da isroin ‘urujun lissama - hatta roa nabiyyu rubban kullama 

مِنْ غَيْرِكَيْفٍ وَانْحِصَارٍ وَافْـتَرَضْ * عَلَيْهِ خَمْسًا بَعْدَ خَمْسِيْنَ فَرَضْ
Min ghoiri kaifin wanhishorin waftaridh - ‘alaihi khomsan ba’da khomsina farodh 

وَبَـلَّـغَ اْلأُمَّـةَ بِاْلإِسْــرَاءِ * وَفَـرْضِ خَـمْـسَةٍ بِلاَ امْتِرَاءِ
Wa balaghil ummata bil isroi - wa fardhi khomsatin bilamtiroi 

قَدْ فَازَ صِـدِّيْقٌ بِتَصْـدِيْقٍ لَهُ * وَبِالْعُرُوْجِ الصِّـدْقُ وَافَى أَهْلَهُ
Qod faza shiddiqun bitashdiqin lahu - wa bil ‘uruji shidqu wa fa ahlahu 

وَهَـذِهِ عَقِيْـدَةٌ مُخْـتَصَرَهْ * وَلِلْـعَـوَامِ سَـهْـلَةٌ مُيَسَّرَهْ
Wa hadihi ‘aqidatun mukhtashoroh - wa lil’awamili sahlatun muyassaroh 

نَاظِمُ تِلْكَ أَحْـمَدُ الْمَرْزُوْقِيْ * مَنْ يَنْتَمِي لِلصَّـادِقِ الْمَصْدُوْقِ
Nadhimu tilka ahmadul marzuqi - man yantami lishodiqil mashduqi 

وَ الْحَمْدُ ِللهِ وَصَـلَّى سَـلَّمَا * عَلَـى النَّبِيِّ خَيْرِ مَنْ قَدْ عَلَّـمَا
Walhamdu lillahi washolla sallama - ‘ala nabiyyu khoiri man qod ‘allama 

وَاْلآلِ وَالصَّـحْبِ وَكُلِّ مُرْشِدِ * وَكُلِّ مَـنْ بِخَيْرِ هَدْيٍ يَقْتَدِيْ
Wal ali wa shohbi wakulli mursyidi - wakuli man bikhoirin hadyin yaqtadi 

وَأَسْـأَلُ الْكَرِيْمَ إِخْلاَصَ الْعَمَلْ * ونَفْعَ كُلِّ مَنْ بِهَا قَدِ اشْـتَغَلْ
Wa as alul karima ikhlashol ‘amal - wa naf’a kulla man biha qodisytaghol 

أَبْيَاتُهَا ( مَيْـزٌ ) بِـعَدِّ الْجُمَلِ * تَارِيْخُهَا ( لِيْ حَيُّ غُرٍّ ) جُمَلِ
Abyatuha maizun bi ‘addil jumali - tarikhuha li hayyu ghurrin jumali 

سَـمَّيْـتُهَا عَـقِـيْدَةَ الْعَوَامِ * مِـنْ وَاجِبٍ فِي الدِّيْنِ بِالتَّمَامِ
Sammaituha ‘aqidatal ‘awama - min wajibin fiddiini bittamaali 

Saya memulai dengan nama Allah, Dzat yang Maha Pengasih, dan Maha Penyayang yang senantiasa memberikan kenikmatan tiada putusnya
Maka segala puji bagi Allah Yang Maha Dahulu, Yang Maha Awal, Yang Maha Akhir, Yang Maha Tetap tanpa ada perubahan
Kemudian, semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan pada Nabi sebaik-baiknya orang yang meng Esakan Allah
Dan keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti jalan agama secara benar bukan orang-orang yang berbuat bid’ah
Dan setelahnya ketahuilah dengan yakin bahwa Allah itu mempunyai 20 sifat wajib
Allah itu Ada, Qadim, Baqi dan berbeda dengan makhluk Nya secara mutlak
Berdiri sendiri, Maha Kaya, Maha Esa, Maha Hidup, Maha Kuasa, Maha Menghendaki, Maha Mengetahui atas segala sesuatu
Maha Mendengar, Maha Melihat, Maha Berbicara, Allah mempunyai 7 sifat yang tersusun
yaitu Berkuasa, Menghendaki, Mendengar, Melihat, Hidup, Mempunyai Ilmu, Berbicara secara terus berlangsung
Dengan karunia dan keadilan-Nya, Allah memiliki sifat boleh (wenang) yaitu boleh mengerjakan sesuatu atau meninggalkannya
Allah telah mengutus para nabi yang memiliki 4 sifat yang wajib yaitu cerdas, jujur, menyampaikan (risalah) dan dipercaya
Dan boleh di dalam hak Rasul dari sifat manusia tanpa mengurangi derajatnya, misalnya sakit yang ringan
Mereka mendapat penjagaan Allah (dari perbuatan dosa) seperti para malaikat seluruhnya. (Penjagaan itu) wajib bahkan para Nabi lebih utama dari para malaikat
Dan sifat mustahil adalah lawan dari sifat yang wajib maka hafalkanlah 50 sifat itu sebagai ketentuan yang wajib
Adapun rincian nama para Rasul ada 25 itu wajib diketahui bagi setiap mukallaf, maka yakinilah dan ambillah keuntungannya
Mereka adalah Nabi Adam, Idris, Nuh, Hud serta Sholeh, Ibrahim (yang masing-masing diikuti berikutnya)
Luth, Isma'il dan Ishaq demikian pula Ya’qub, Yusuf dan Ayyub dan selanjutnya
Syu'aib, Harun, Musa dan Alyasa', Dzulkifli, Dawud, Sulaiman yang diikuti
Ilyas, Yunus, Zakaria, Yahya, 'Isa dan Thaha (Muhammad) sebagai penutup, maka tinggalkanlah jalan yang menyimpang dari kebenaran
Semoga shalawat dan salam terkumpulkan pada mereka dan keluarga mereka sepanjang masa
Adapun para malaikat itu tetap tanpa bapak dan ibu, tidak makan dan tidak minum serta tidak tidur Secara terperinci mereka ada 10, yaitu Jibril, Mika'il, Israfil, dan Izrail
Munkar, Nakiir, dan Raqiib, demikian pula‘Atiid, Maalik, dan Ridwan dan selanjutnya
Empat dari Kitab-Kitab Suci Allah secara terperinci adalah Taurat bagi Nabi Musa diturunkan dengan membawa petunjuk
Zabur bagi Nabi Dawud dan Injil bagi Nabi 'Isa dan Al-Qur’an bagi sebaik-baik kaum (Nabi Muhammad ﷺ)
Dan lembaran-lembaran (Shuhuf) suci yang diturunkan untuk Al-Khalil (Nabi Ibrahim) dan Al-Kaliim (Nabi Musa) mengandung Perkataan dari Yang Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui
Dan segala apa-apa yang disampaikan oleh Rasulullah, maka kita wajib pasrah dan menerima
Keimanan kita kepada Hari Akhir hukumnya wajib, dan segala perkara yang dahsyat pada Hari Akhir
Sebagai penutup untuk menerangkan ketetapan yang wajib, dari hal yang menjadi kewajiban bagi mukallaf
Nabi kita Muhammad telah diutus untuk seluruh alam sebagai rahmat dan keutamaan diberikan kepada beliau ﷺ melebihi semua
Ayahnya bernama Abdullah putera Abdul Mutthalib, dan nasabnya bersambung kepada Hasyim putera Abdu Manaf
Dan ibunya bernama Aminah Az-Zuhriyyah, yang menyusui beliau adalah Halimah As-Sa’diyyah
Lahirnya di Makkah yang aman, dan wafatnya di Thaiybah (Madinah)
Sebelum turun wahyu, Nabi Muhammad telah sempurna berumur 40 tahun, dan usia beliau 60 tahun lebih
Ada 7 orang putera-puteri Nabi Muhammad, diantara mereka 3 orang laki-laki, maka pahamilah itu
Qasim dan Abdullah yang bergelar Ath-Thayyib dan Ath-Thahir, dengan 2 sebutan inilah (Ath-Thayyib dan Ath-Thahir) Abdullah diberi gelar
Anak yang ketiga bernama Ibrahim dari Sariyyah (Amat perempuan), ibunya (Ibrahim) bernama Mariyah Al-Qibtiyyah
Selain Ibrahim, ibu putera-puteri Nabi Muhammad berasal dari Khadijah, mereka ada 6 orang (selain Ibrahim), maka kenalilah dengan penuh cinta
Dan 4 orang anak perempuan Nabi akan disebutkan, semoga keridhoan Allah untuk mereka semua
Fathimah Az-Zahra yang bersuamikan 'Ali bin Abu Thalib, dan kedua putera mereka (Hasan dan Husein) adalah cucu Nabi yang sudah jelas keutamaannya
Kemudian Zaenab dan selanjutnya Ruqayyah, dan Ummu Kultsum yang suci lagi diridhoi
Dari 9 istri Nabi ditinggalkan setelah wafatnya, mereka semua telah diminta memilih syurga atau dunia, maka mereka memilih nabi sebagai panutan
‘Aisyah, Hafshah, dan Saudah, Shafiyyah, Maimunah, dan Ramlah
Hindun dan Zaenab, begitu pula Juwairiyyah, Bagi kaum Mu’minin mereka menjadi ibu-ibu yang diridhoi
Hamzah adalah Paman Nabi demikian pula ‘Abbas, Bibi Nabi adalah Shafiyyah yang mengikuti Nabi
Dan sebelum Nabi hijrah (ke Madinah), terjadi peristiwa Isra’. Dari Makkah pada malam hari menuju Baitul Maqdis yang dapat dilihat
Setelah Isra’ lalu Mi’raj (naik) ke atas sehingga Nabi melihat Tuhan yang berkata-kata
Berkata-kata tanpa bentuk dan ruang. Di sinilah diwajibkan kepadanya (shalat) 5 waktu yang sebelumnya 50 waktu
Dan Nabi telah menyampaikan kepada umat peristiwa Isra’ tersebut. Dan kewajiban shalat 5 waktu tanpa keraguan
Sungguh beruntung sahabat Abu Bakar Ash-Shiddiq dengan membenarkan peristiwa tersebut, juga peristiwa Mi’raj yang sudah sepantasnya kebenaran itu disandang bagi pelaku Isra’ Mi’raj
Inilah keterangan Aqidah secara ringkas bagi orang-orang awam yang mudah dan gampang
Yang di-nadhamkan oleh Ahmad Al-Marzuqi, seorang yang bernisbat kepada Nabi Muhammad (Ash-Shadiqul Mashduq)
Dan segala puji bagi Allah serta shalawat dan salam tercurahkan kepada Nabi sebaik-baik orang yang telah mengajar
Juga kepada keluarga dan sahabat serta orang yang memberi petunjuk dan orang yang mengikuti petunjuk
Dan saya mohon kepada Allah yang Maha Pemurah keikhlasan dalam beramal dan manfaat bagi setiap orang yang berpegang teguh pada aqidah ini
Nadhom ini ada 57 bait dengan hitungan abjad, tahun penulisannya 1258 Hijriyah
Aku namakan aqidah ini Aqidatul Awam, keterangan yang wajib diketahui dalam urusan agama dengan sempurna.

Terimakasih sudah berkunjung & berbagi. ( Lintang Sanga )


Previous
« Prev Post

Cari Artikel di Blog Ini