Baca Juga
AQIDATUL AWAM adalah salah satu kitab yang membahas tentang tauhid karya ulama besar dan waliyullah Syeikh Sayyid Ahmad Al-Marzuqi Al-Maliki Al-Hasani. Bacaan Aqidatul Awam sendiri sangat populer dan hampir selalu diajarkan di berbagai madrasah atau pondok pesantren di seluruh dunia termasuk di Indonesia. kitab Aqidatul Awam sendiri liriknya secara umum menjelaskan tentang dasar ilmu tauhid dan akidah sehingga di berbagai sekolah Islam diajarkan sejak dini dan diwajibkan untuk menghafalnya.
Bahkan kini Nadham Aqidatul Awam sudah mulai dilagukan sebagai qasidah dalam acara-acara shalawatan untuk memperkuat aqidah umat Islam. jika berbicara mengenai makna dan syarah dari Aqidatul Awam, semuanya telah beliau rincikan dalam sebuah kitab syarah yang diberi nama "Tahshil Nail al-Maram Libayani Mandhumah ‘Aqidah al-‘Awam". Syair Aqidatul Awam ini sendiri diajarkan langsung oleh Rasulullah ﷺ kepada Syeikh Ahmad Al-Marzuqi Al-Maliki di dalam mimpinya.
عَقِيْدَةِ الْعَوَامِ نَظْمُ الشَّيْخِ أَحْمَدَ الْمَرْزُوْقِيِّ اْلمَالِكِيِّ
أَبْـدَأُ بِـاسْمِ اللهِ وَالرَّحْـمَنِ * وَبِالرَّحِـيْـمِ دَائـِمِ اْلإِحْـسَانِ
Abdau bismillahi wa rahmani - wa birahimi daimil ihsani
فَالْحَـمْـدُ ِللهِ الْـقَدِيْمِ اْلأَوَّلِ * اَلآخِـرِ الْبَـاقـِيْ بِلاَ تَحَـوُّلِ
Falhamdulillahil qadimil awali - al akhiril baqi bila tahawuli
ثُمَّ الـصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ سَـرْمَدَا * عَلَى الـنَّـبِيِّ خَيْرِ مَنْ قَدْ وَحَّدَا
Tsuma shalatu wassalamu sarmada - ‘ala nabiyi khairi man qad wahada
وَآلِهِ وَصَـحْبِهِ وَمَـنْ تَـبِـعْ * سَـبِيْلَ دِيْنِ الْحَقِّ غَيْرَ مُـبْـتَدِعْ
Wa alihi washahbihi waman tabi’ - sabiladinil haqi ghaira mubtadi
وَبَعْدُ فَاعْلَمْ بِوُجُوْبِ الْمَعْرِفَـهْ * مِنْ وَاجِـبٍ ِللهِ عِشْـرِيْنَ صِفَهْ
Waba’du fa’lam bi wujubil ma’rifah - min wajibi lillahi ‘isrina shifah
فَاللهُ مَوْجُـوْدٌ قَـدِيْمٌ بَاقِـي * مُخَالـِفٌ لِلْـخَـلْقِ بِاْلإِطْلاَقِ
Fallahu maujudun qadimun baqi - mukhaliful lilkhlqi bil itlaqi
وَقَـائِمٌ غَـنِيْ وَوَاحِـدٌ وَحَيّ * قَـادِرْ مُـرِيْـدٌ عَـالِمٌ بِكُلِّ شَيْ
Waqaimun ghani wa wahidun wahay - qadir muridun ‘alimun biqulisyai
سَـمِـيْعٌ اْلبَصِـيْرُ وَالْمُتَكَلِّـمُ * لَهُ صِـفَاتٌ سَـبْعَـةٌ تَـنْـتَظِمُ
Sami’unil bashiru wal mutakalimu - lahu shifatun sab’atun tantadhimu
فَقُـدْرَةٌ إِرَادَةٌ سـَمْـعٌ بـَصَرْ * حَـيَـاةٌ الْعِلْـمُ كَلاَمٌ اسْـتَمَرْ
Faqud ratun iradatun sam’un bashar - hayatunil ‘ilmu kalamu nistamar
وَجَائـِزٌ بِـفَـضْـلِهِ وَ عَدْلِهِ * تَـرْكٌ لـِكُلِّ مُمْـكِـنٍ كَفِعْلِهِ
Wajaizun bifadhlihi wa’adlihi - tarkullikuli mumkinin kafi’lihi
أَرْسَـلَ أَنْبِيَا ذَوِي فَـطَـانَـهْ * بِالصِّـدْقِ وَالتَـبْلِـيْغِ وَاْلأَمَانَهْ
Arsala ambiya dawi fathanah - bishidqi wattablighi wal amanah
وَجَـائِزٌ فِي حَـقِّهِمْ مِنْ عَرَضِ * بِغَيْـرِ نَقْصٍ كَخَـفِيْفِ الْمَرَضِ
Wajaizun fi haqihim min ‘aradhi - min ghairi naqshin kakhafi fil maradhi
عِصْـمَـتُهُمْ كَسَائِرِ الْمَلاَئِكَهْ * وَاجِـبَـةٌ وَفَاضَلُوا الْمَـلاَئِكَهْ
‘Ismatuhum kasairil malaikat - wajibatun wa fadhalul malaikat
وَالْمُسْـتَحِيْلُ ضِدُّ كُلِّ وَاجِبِ * فَاحْفَظْ لِخَمْسِـيْنَ بِحُكْمٍ وَاجِبِ
Wal mustahilu dhidu kulli wajibi - fahfadh likhamsina bihukmin wajibi
تَفْصِيْلُ خَمْسَةٍ وَعِشْـرِيْنَ لَزِمْ * كُـلَّ مُـكَلَّـفٍ فَحَقِّقْ وَاغْـتَنِمْ
Tafshilu khamsatin wa ‘isrina lazim - kula mukalafin fahaqqiq waghtanim
هُمْ آدَمٌ اِدْرِيْسُ نُوْحٌ هُـوْدُ مَعْ * صَالِـحْ وَإِبْرَاهِـيْـمُ كُلٌّ مُـتَّبَعْ
Hum adamun idrisun nuhun hudu ma’ - shalih wa ibrahimu kullu mutaba’
لُوْطٌ وَاِسْـمَاعِيْلُ اِسْحَاقُ كَذَا * يَعْقُوبُ يُوسُـفُ وَأَيُّوْبُ احْتَذَى
Luthun wa isma’ilu ishaqu kadza - ya’qubu yusufu wa ayubuhtadza
شُعَيْبُ هَارُوْنُ وَمُوْسَى وَالْيَسَعْ * ذُو الْكِـفْلِ دَاوُدُ سُلَيْمَانُ اتَّـبَعْ
Syu’aibu haruna wamusa wal yasa’ - dzulkifli dawudu sulaimanuttaba’
إلْيَـاسُ يُوْنُسْ زَكَرِيـَّا يَحْيَى * عِيْسَـى وَطَـهَ خَاتِمٌ دَعْ غَـيَّا
Ilyasu yunusu zakariya yahya - ‘isa wa thaha khatimun da’ ghaya
عَلَـيْهِمُ الصَّـلاَةُ وَالسَّـلاَمُ * وَآلِـهِمْ مـَا دَامَـتِ اْلأَيـَّـامُ
‘Alaihimu shalatu wasalamu - wa alihi madamatil ayamu
وَالْمَـلَكُ الَّـذِيْ بِلاَ أَبٍ وَأُمْ * لاَ أَكْلَ لاَ شُـرْبَ وَلاَ نَوْمَ لَـهُمْ
Wal malakuladzi bila abi wa um - la aklala syurba wala mauma lahum
تَفْـصِـيْلُ عَشْرٍ مِنْهُمُ جِبْرِيْلُ * مِـيْـكَـالُ اِسْـرَافِيْلُ عِزْرَائِيْلُ
Tafshilu ‘asyrimmihumu jibrilu - mikalu isrofilu ‘izrailu
مُنْـكَرْ نَكِـيْرٌ وَرَقِيْبٌ وَكَذَا * عَتِـيْدٌ مَالِكٌ ورِضْوَانُ احْتَـذَى
Munkar nakirun wa raqibun wakadza - ‘atidun malikun waridhwanuhtada
أَرْبَـعَـةٌ مِنْ كُتُبٍ تَـفْصِيْلُهَا * تَوْارَةُ مُوْسَى بِالْهُدَى تَـنْـزِيْلُهَا
Arba’atun min kutubin tafsiluha - taurotu musa bil huda tanziluha
زَبُـوْرُ دَاوُدَ وَاِنْجِـيْـلُ عَلَى * عِيْـسَى وَفُـرْقَانُ عَلَى خَيْرِ الْمَلاَ
Zaburu dawuda wa injilu ‘ala - ‘isma wafurqanu khairil mala
وَصُحُـفُ الْخَـلِيْلِ وَالْكَلِيْمِ * فِيْهَـا كَلاَمُ الْـحَـكَمِ الْعَلِـيْمِ
Wa shuhuful khalili wal kalami - fiha kalamul hakamil ‘alimi
وَكُـلُّ مَا أَتَى بِهِ الـرَّسُـوْلُ * فَحَـقُّـهُ التَّسْـلِـيْمُ وَالْقَبُوْلُ
Wakuluma ata bihi rasulu - fahaqquhu taslimu wal qabulu
إِيْـمَـانُنَا بِـيَوْمِ آخِرٍ وَجَبْ * وَكُلِّ مَـا كَانَ بِـهِ مِنَ الْعَجَبْ
Imanuna biyaumi akhhirin wajab - wakuli ma kana bihi minal ‘ajab
خَاتِمَةٌ فِي ذِكْرِ بَاقِي الْوَاجِبِ * مِمَّـا عَـلَى مُكَلَّفٍ مِنْ وَاجِبِ
Khotimatun fi dzikri baqil wajibi - mima ‘ala mukalafin min wajibi
نَبِـيُّـنَا مُحَمَّدٌ قَدْ أُرْسِــلاَ * لِلْـعَالَمِـيْـنَ رَحْـمَةً وَفُضِّلاَ
Nabiyuna muhammadun qad ursila - lil ‘alamina rahmatan wa fudhila
أَبـُوْهُ عَبْدُ اللهِ عَبْدُ الْمُطَّلِـبْ * وَهَاشِـمٌ عَبْدُ مَنَافٍ يَنْتَسِـبْ
Abuhu ‘abdullahi ‘abdul muthalib - wa hasyimun ‘abdu manafin yantasib
وَأُمُّـهُ آمِـنَةُ الـزُّهْــرِيـَّهْ * أَرْضَـعَتْهُ حَلِيْمَـةُ السَّـعْدِيـَّهْ
Wa ummuhu aminatu zuhriyyah - ardha’athu halimatu sa’diyyah
مَوْلـِدُهُ بِمَـكَّـةَ اْلأَمِيْــنَهْ * وَفَاتُـهُ بِـطَـيْـبَةَ الْـمَدِيْنَهْ
Mauliduhu bimakatal aminah - wafatuhu bithaibatal madinah
أَتَـمَّ قَـبْـلَ الْـوَحْيِ أَرْبَعِيْنَا * وَعُـمْـرُهُ قَدْ جَاوَزَ السِّـتِّيْنَا
Atama qablal wahyi arba’ina - wa ‘umruhu qadjawaza sitinah
وَسَـبْـعَةٌ أَوْلاَدُهُ فَمِـنْـهُمُ * ثَلاثَـةٌ مِـنَ الذُّكـُوْرِ تُـفْهَمُ
Wa sab’atun auladuhu faminhumu - tsalatsatun mina dzukuri tufhamu
قَاسِـمْ وَعَبْدُ اللهِ وَهْوَ الطَّيِّبُ * وَطَاهِـرٌ بِذَيْـنِ ذَا يُـلَـقَّبُ
Qasim wa ‘abdullahi wahwa thayibu - wathahirun bidzaini dza yulaqabu
أَتَاهُ إبْرَاهِـيْـمُ مِنْ سُـرِّيـَّهْ * فَأُمُّـهُ مَارِيَّةُ الْـقِـبْـطِـيَّـهْ
Atahu ibrahimu min surriyah - fa ummuhu mariyatul qibtiyah
وَغَيْـرُ إِبْرَاهِيْمَ مِنْ خَـدِيْجَهْ * هُمْ سِتَـةٌ فَخُـذْ بِهِمْ وَلِـيْجَهْ
Wa ghairu ibrahima min khadzijah - hum sittatun fakhud bihim walijah
وَأَرْبَعٌ مِـنَ اْلإِنَاثِ تُـذْكَـرُ * رِضْـوَانُ رَبِّي لِلْجَمِـيْعِ يُذْكَرُ
Wa arba’un minal inatsi tudzkaru - ridhwanu rabbi liljami’i yudzkaru
فَاطِـمَـةُ الزَّهْرَاءُ بَعْلُهَا عَلِيْ * وَابْنَاهُمَا السِّـبْطَانِ فَضْلُهُمُ جَلِيْ
Fathimatu zahrai ba’luha ‘ali - wabnahuma sibthaini fadhluhum jail
فَزَيْـنَبٌ وَبَعْـدَهَـا رُقَـيَّهْ * وَأُمُّ كُـلْـثُـومٍ زَكَـتْ رَضِيَّهْ
Fa zainabun wa ba’daha riqayah - wa ummu kultsumin zakat radhiyyah
عَنْ تِسْعِ نِسْوَةٍ وَفَاةُ الْمُصْطَفَى * خُيِّـرْنَ فَاخْتَرْنَ النَّـبِيَّ الْمُقْتَفَى
‘an tis’i niswatin wa faatul mushthafa - khuyyirna fakhtarna nabiyal mushthafa
عَائِشَـةٌ وَحَفْصَـةٌ وَسَـوْدَةُ * صَـفِيَّـةٌ مَـيْـمُـوْنَةٌ وَ رَمْلَةُ
‘Aisatun wa hafshatun wa saudah - shafiyatun maimunatun wa ramlah
هِنْدٌ وَ زَيْـنَبٌ كَذَا جُوَيـْرِيَهْ * لِلْمُـؤْمِـنِيْنَ أُمَّـهَاتٌ مَرْضِـيَّهْ
Hindun wa zainabun kadza juwairiyah - lil mukminina ummahatun mardhiyyah
حَمْـزَةُ عَمُّـهُ وعَـبَّاسٌ كَذَا * عَمَّـتُـهُ صَـفِيَّـةٌ ذَاتُ احْتِذَا
Hamzatun ‘ammahu wa ‘abbasu kadza - ‘ammatuhu shafiyyatun dzatuhtidza
وَقَبْـلَ هِجْـرَةِ النَّـبِيِّ اْلإِسْرَا * مِـنْ مَـكَّةَ لَيْلاً لِقُدْسٍ يُدْرَى
Wa qabla hijrati nabiyyil isra - min makatin lailan liqudsin yudra
وَبَعْدَ إِسْـرَاءٍ عُرُوْجٌ لِلسَّـمَا * حَتَّى رَأَى النَّـبِيُّ رَبًّـا كَـلَّمَا
Wa ba’da israin ‘urujun lissama - hatta raa nabiyyu rubban kullama
مِنْ غَيْرِكَيْفٍ وَانْحِصَارٍ وَافْـتَرَضْ * عَلَيْهِ خَمْسًا بَعْدَ خَمْسِيْنَ فَرَضْ
Min ghairi kaifin wanhishorin waftaridh - ‘alaihi khamsan ba’da khamsina faradh
وَبَـلَّـغَ اْلأُمَّـةَ بِاْلإِسْــرَاءِ * وَفَـرْضِ خَـمْـسَةٍ بِلاَ امْتِرَاءِ
Wa balaghil ummata bil israi - wa fardhi khamsatin bilamtirai
قَدْ فَازَ صِـدِّيْقٌ بِتَصْـدِيْقٍ لَهُ * وَبِالْعُرُوْجِ الصِّـدْقُ وَافَى أَهْلَهُ
Qad faza shiddiqun bitashdiqin lahu - wa bil ‘uruji shidqu wa fa ahlahu
وَهَـذِهِ عَقِيْـدَةٌ مُخْـتَصَرَهْ * وَلِلْـعَـوَامِ سَـهْـلَةٌ مُيَسَّرَهْ
Wa hadihi ‘aqidatun mukhtasharah - wa lil’awamili sahlatun muyassarah
نَاظِمُ تِلْكَ أَحْـمَدُ الْمَرْزُوْقِيْ * مَنْ يَنْتَمِي لِلصَّـادِقِ الْمَصْدُوْقِ
Nadhimu tilka ahmadul marzuqi - man yantami lishadiqil mashduqi
وَ الْحَمْدُ ِللهِ وَصَـلَّى سَـلَّمَا * عَلَـى النَّبِيِّ خَيْرِ مَنْ قَدْ عَلَّـمَا
Walhamdu lillahi washalla sallama - ‘ala nabiyyu khoiri man qad ‘allama
وَاْلآلِ وَالصَّـحْبِ وَكُلِّ مُرْشِدِ * وَكُلِّ مَـنْ بِخَيْرِ هَدْيٍ يَقْتَدِيْ
Wal ali wa shahbi wakulli mursyidi - wakuli man bikhairin hadyin yaqtadi
وَأَسْـأَلُ الْكَرِيْمَ إِخْلاَصَ الْعَمَلْ * ونَفْعَ كُلِّ مَنْ بِهَا قَدِ اشْـتَغَلْ
Wa as alul karima ikhlashal ‘amal - wa naf’a kulla man biha qadisytaghal
أَبْيَاتُهَا ( مَيْـزٌ ) بِـعَدِّ الْجُمَلِ * تَارِيْخُهَا ( لِيْ حَيُّ غُرٍّ ) جُمَلِ
Abyatuha maizun bi ‘addil jumali - tarikhuha li hayyu ghurrin jumali
سَـمَّيْـتُهَا عَـقِـيْدَةَ الْعَوَامِ * مِـنْ وَاجِبٍ فِي الدِّيْنِ بِالتَّمَامِ
Sammaituha ‘aqidatal ‘awama - min wajibin fiddiini bittamaali
Saya memulai dengan nama Allah, Dzat yang Maha Pengasih, dan Maha Penyayang yang senantiasa memberikan kenikmatan tiada putusnya
Maka segala puji bagi Allah Yang Maha Dahulu, Yang Maha Awal, Yang Maha Akhir, Yang Maha Tetap tanpa ada perubahan
Kemudian, semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan pada Nabi sebaik-baiknya orang yang meng-Esakan Allah
Dan keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti jalan agama secara benar bukan orang-orang yang berbuat bid’ah
Dan setelahnya ketahuilah dengan yakin bahwa Allah itu mempunyai 20 sifat wajib
Allah itu Ada, terdahulu, kekal dan berbeda dengan makhluk-Nya secara mutlak
Berdiri sendiri, Maha Kaya, Maha Esa, Maha Hidup, Maha Kuasa, Maha Menghendaki, Maha Mengetahui atas segala sesuatu
Maha Mendengar, Maha Melihat, Maha Berbicara, Allah mempunyai 7 sifat yang tersusun
yaitu Berkuasa, Menghendaki, Mendengar, Melihat, Hidup, Mempunyai Ilmu, Berbicara secara terus berlangsung
Dengan karunia dan keadilan-Nya, Allah memiliki sifat boleh (wenang) yaitu boleh mengerjakan sesuatu atau meninggalkannya
Allah telah mengutus para nabi yang memiliki 4 sifat yang wajib yaitu cerdas, jujur, menyampaikan (risalah) dan dipercaya
Dan boleh di dalam hak Rasul dari sifat manusia tanpa mengurangi derajatnya, misalnya sakit yang ringan
Mereka mendapat penjagaan Allah (dari perbuatan dosa) seperti para malaikat seluruhnya. (Penjagaan itu) wajib bahkan para Nabi lebih utama dari para malaikat
Dan sifat mustahil adalah lawan dari sifat yang wajib maka hafalkanlah 50 sifat itu sebagai ketentuan yang wajib
Adapun rincian nama para Rasul ada 25 itu wajib diketahui bagi setiap mukallaf, maka yakinilah dan ambillah keuntungannya
Mereka adalah Nabi Adam, Idris, Nuh, Hud serta Sholeh, Ibrahim (yang masing-masing diikuti berikutnya)
Luth, Isma'il dan Ishaq demikian pula Ya’qub, Yusuf dan Ayyub dan selanjutnya
Syu'aib, Harun, Musa dan Alyasa', Dzulkifli, Dawud, Sulaiman yang diikuti
Ilyas, Yunus, Zakaria, Yahya, 'Isa dan Thaha (Muhammad) sebagai penutup, maka tinggalkanlah jalan yang menyimpang dari kebenaran
Semoga shalawat dan salam terkumpulkan pada mereka dan keluarga mereka sepanjang masa
Adapun para malaikat itu tetap tanpa bapak dan ibu, tidak makan dan tidak minum serta tidak tidur Secara terperinci mereka ada 10, yaitu Jibril, Mika'il, Israfil, dan Izrail
Munkar, Nakiir, dan Raqiib, demikian pula‘Atiid, Maalik, dan Ridwan dan selanjutnya
Empat dari Kitab-Kitab Suci Allah secara terperinci adalah Taurat bagi Nabi Musa diturunkan dengan membawa petunjuk
Zabur bagi Nabi Dawud dan Injil bagi Nabi 'Isa dan Al-Qur’an bagi sebaik-baik kaum (Nabi Muhammad ﷺ)
Dan lembaran-lembaran (Shuhuf) suci yang diturunkan untuk Al-Khalil (Nabi Ibrahim) dan Al-Kaliim (Nabi Musa) mengandung Perkataan dari Yang Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui
Dan segala apa-apa yang disampaikan oleh Rasulullah, maka kita wajib pasrah dan menerima
Keimanan kita kepada Hari Akhir hukumnya wajib, dan segala perkara yang dahsyat pada Hari Akhir
Sebagai penutup untuk menerangkan ketetapan yang wajib, dari hal yang menjadi kewajiban bagi mukallaf
Nabi kita Muhammad telah diutus untuk seluruh alam sebagai rahmat dan keutamaan diberikan kepada beliau ﷺ melebihi semua
Ayahnya bernama Abdullah putera Abdul Mutthalib, dan nasabnya bersambung kepada Hasyim putera Abdu Manaf
Dan ibunya bernama Aminah Az-Zuhriyyah, yang menyusui beliau adalah Halimah As-Sa’diyyah
Lahirnya di Makkah yang aman, dan wafatnya di Thaiybah (Madinah)
Sebelum turun wahyu, Nabi Muhammad telah sempurna berumur 40 tahun, dan usia beliau 60 tahun lebih
Ada 7 orang putera-puteri Nabi Muhammad, diantara mereka 3 orang laki-laki, maka pahamilah itu
Qasim dan Abdullah yang bergelar Ath-Thayyib dan Ath-Thahir, dengan 2 sebutan inilah (Ath-Thayyib dan Ath-Thahir) Abdullah diberi gelar
Anak yang ketiga bernama Ibrahim dari Sariyyah (Amat perempuan), ibunya (Ibrahim) bernama Mariyah Al-Qibtiyyah
Selain Ibrahim, ibu putera-puteri Nabi Muhammad berasal dari Khadijah, mereka ada 6 orang (selain Ibrahim), maka kenalilah dengan penuh cinta
Dan 4 orang anak perempuan Nabi akan disebutkan, semoga keridhoan Allah untuk mereka semua
Fathimah Az-Zahra yang bersuamikan 'Ali bin Abu Thalib, dan kedua putera mereka (Hasan dan Husein) adalah cucu Nabi yang sudah jelas keutamaannya
Kemudian Zaenab dan selanjutnya Ruqayyah, dan Ummu Kultsum yang suci lagi diridhoi
Dari 9 istri Nabi ditinggalkan setelah wafatnya, mereka semua telah diminta memilih syurga atau dunia, maka mereka memilih nabi sebagai panutan
‘Aisyah, Hafshah, dan Saudah, Shafiyyah, Maimunah, dan Ramlah
Hindun dan Zaenab, begitu pula Juwairiyyah, Bagi kaum mu’minin mereka menjadi ibu-ibu yang diridhoi
Hamzah adalah Paman Nabi demikian pula ‘Abbas, Bibi Nabi adalah Shafiyyah yang mengikuti Nabi
Dan sebelum Nabi hijrah (ke Madinah), terjadi peristiwa Isra’. Dari Makkah pada malam hari menuju Baitul Maqdis yang dapat dilihat
Setelah Isra’ lalu Mi’raj (naik) ke atas sehingga Nabi melihat Tuhan yang berkata-kata
Berkata-kata tanpa bentuk dan ruang. Di sinilah diwajibkan kepadanya (shalat) 5 waktu yang sebelumnya 50 waktu
Dan Nabi telah menyampaikan kepada umat peristiwa Isra’ tersebut. Dan kewajiban shalat 5 waktu tanpa keraguan
Sungguh beruntung sahabat Abu Bakar ash-Shiddiq dengan membenarkan peristiwa tersebut, juga peristiwa Mi’raj yang sudah sepantasnya kebenaran itu disandang bagi pelaku Isra’ Mi’raj
Inilah keterangan Aqidah secara ringkas bagi orang-orang awam yang mudah dan gampang
Yang di-nadhamkan oleh Ahmad al-Marzuqi, seorang yang bernisbat kepada Nabi Muhammad (Ash-Shadiqul Mashduq)
Dan segala puji bagi Allah serta shalawat dan salam tercurahkan kepada Nabi sebaik-baik orang yang telah mengajar
Juga kepada keluarga dan sahabat serta orang yang memberi petunjuk dan orang yang mengikuti petunjuk
Dan saya mohon kepada Allah yang Maha Pemurah keikhlasan dalam beramal dan manfaat bagi setiap orang yang berpegang teguh pada aqidah ini
Nadhom ini ada 57 bait dengan hitungan abjad, tahun penulisannya 1258 Hijriyah
Aku namakan aqidah ini Aqidatul Awam, keterangan yang wajib diketahui dalam urusan agama dengan sempurna.
Terimakasih sudah berkunjung & berbagi. ( Lintang Sanga )